Sabtu, 16 April 2011

KEGUNAAN SISTEM OPERASI

Sistem komponen dan periferal, adalah peralatan elektronik dan mekanik. Agar keduannya dapat bekerja secara bersama diperlukan adanya Sistem Operasi (OS). Sebagai contoh seorang user ingin menulis laporan dan mencetaknya, maka dibutuhkan sebuah Software yang dapat mengolah kata (Ms.Office) untuk membantunya melakukan tugas tersebut. Informasi dimasukan melalui keyboard kemudian di tampilkan pada monitor untuk selanjutnya di simpan pada disk drive dan akhirnya dikirim ke printer untukdicetak.

Agar program pengolah kata dapat bekerja dengan baik,maka dibutuhkan adanyan OS yang mengontrol fungsi input dan output. Selain itu, data yang dimasukkan dimanipulasi dalam komputer, disimpan di RAM dan diproses oleh CPU.Manipulasi internal dan pengolahan juga dikendalikan oleh OS. Semua perangkat komputer, seperti server, desktop, laptop atau handheld, memerlukan sebuah OS agar dapat berfungsi.

OS berfungi sebagai penghubung antara Software aplikasi dengan hardware. Seorang user berinteraksi dengan komputer melalui sebuah Software aplikasi, seperti Ms.Office, Game, Email, atau Software aplikasi khusus., Sistem operasi bertanggung jawab dalam komunikasi antara Software aplikasi dan Hardware..

Ketika komputer dinyalakan, maka OS biasanya dikirim (di load) dari disk drive, ke RAM. OS memilkil beberapa bagian. Bagian yang berinterkasi langsung dengan Hardware disebut KERNEL, sedangkan bagian yang berinteraksi langsung dengan software dan user disebut SHELL. Pada umumnya shell ada 2 macam yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphic User Interface (GUI). CLI di gunakan user untuk berinteraksi dengan komputer dengan basis teks dengan mnginputkan perntah melalui keyboard, sedangkan GUI digunakan user untuk berinteraksi dengan basis grafis, multimedia dengan menggunakan gambar pada layar monitor.




Sistem operasi memiliki kontrol penuh terhadap Hardware dan dirancang sehingga memungkinkan pengguna memberikan beberapa perintah (Multitasking) serta mampu menentukan Software dan Hardware mana yg diperlukan dalam menjalankan perintah yang di berikan oleh user.

Jika dalam pemakaian komputer user membutuhkan transfer data atau menghubungkan beberapa komputer maka harus ditambahkan Software yang dapat mengirim dan menerima transfer melalui jaringan. Software ini di sebut REDIRECTOR yang diinsatall melalui OS dan menjadi NETWROK CLIENT. Setelah penginstalan seleesai, maka OS dapat menjadi Network Operating System (NOS). NOS mengatur koneksi antara komputer yang satu dengan yang lain yang terhubung menjadi satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar